Cara Mencabut Dan Merawat Terkena Sengatan Lebah

Cara Mencabut Dan Merawat Terkena Sengatan Lebah - Hallo sahabat FACEBLOGGER, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Cara Mencabut Dan Merawat Terkena Sengatan Lebah, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Kesehatan dan Kecantikan, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Cara Mencabut Dan Merawat Terkena Sengatan Lebah
link : Cara Mencabut Dan Merawat Terkena Sengatan Lebah

Baca juga


Cara Mencabut Dan Merawat Terkena Sengatan Lebah

Sengat lebah dan tawon memang menyakitkan. Hal ini disebabkan karena bisa yang disuntikkan ke dalam kulit. Jika Anda disengat lebah maka sengatan tersebut harus dikeluarkan secepat mungkin sebelum semua isi kantung lebah bisa memasuki kulit dalam hitungan detik. Ada dua cara yang bisa dilakukan diantaranya :

1. Mengeluarkan Sengat

Bertindak cepat. Jika ingin mengeluarkan sengatan lebah sebelum semua bisa dalam kantung memasuki tubuh Anda, hal ini akan membantu meminimalkan efek dari sengatan tersebut.
  • Bisa memasuki kulit Anda dalam hitungan detik. Jadi, bertindaklah secepat agar Anda tidak merasakan sakitnya sengatan tersebut.
  • Saat  mengeluarkan sengat , berhati-hatilah agar tidak memencet kantung bisa pada ujung sengat. Melakukan hal ini bisa menambah jumlah bisa yang masuk ke kulit Anda.
  • Cara Mencabut Dan Merawat Terkena Sengatan Lebah
Kikislah sengat tersebut. Kikislah melintang sengat sampai Anda mencabutnya dari kulit . Mungkin Anda dapat melihat kantung bisa pada ujung sengat. Berhati-hatilah untuk tidak menekan/memencet kantung tersebut. Untuk cara ini, bisa anda lakukan dengan menggunakan sebuah benda tipis dengan tepi lurus seperti :
  • Bagian belakang pisau saku.
  • Bagian tepi selembar kartu kredit (atau SIM, dll.). Cara ini aman digunakan pada anak kecil karena dengan kartu tersebut tidak ada risiko bisa melukainya.
Doronglah keluar sengat tersebut. Gunakan pinset atau kuku jari untuk mendorong keluar. Pegang/jepit sengat tersebut sedekat mungkin dengan kulit Anda. Usahakan untuk memegangnya di bawah kantung bisa sehingga tidak akan menekan lebih banyak bisa ke dalam kulit Anda. Dorong keluar dengan tekanan kuat namun perlahan. 
  • Sengat tersebut mungkin berduri sehingga mungkin terasa tidak nyaman selama Anda mengeluarkannya.
  • Jangan merenggut sengat. Renggutan akan menambah risiko yang akan mematahkan, meninggalkan potongan lebih kecil dalam kulit Anda yang sukar untuk dikeluarkan.
Jangan khawatir jika tidak berhasil menemukan sengat tersebut. Tawon atau serangga penyengat pada umumnya tidak meninggalkan sengat dalam kulit korbannya. Oleh karena itu bisa jadi kemungkinan tidak menemukan sengat. 
Tawon atau serangga penyengat, kedua jenis hewan tersebut dapat menyengat berulang-ulang. Tenanglah dan segera tinggalkan area di mana Anda telah disengat untuk menghindari sengatan lagi.

2. Merawat Sengatan

Cucilah kulit yang disengat. Setelah mengeluarkan sengat dari kulit, cuci bagian kulit yang disengat dengan sabun dan cuci menggunakan air bersih. Mencuci akan membersihkannya serta mengurangi kemungkinan terkontaminasi oleh kotoran atau bakteri.
  • Siram yang terkena sengatan di bawah air yang mengalir selama beberapa detik untuk menyiram kotoran dan serpihan secara menyeluruh.
  • Gosok dengan lembut bagian yang terkena sengat menggunakan sabun lembut dan bilas secara menyeluruh.
  • Tepuk-tepuk bagian yang habis dicuci untuk mengeringkannya.
Kurangi pembengkakan dengan mengkompres dengan air dingin  atau ice pack.. Gunakan es yang dibungkus dalam selembar handuk bersih pada bagian yang disengat. Gunakan ice pack selama 10-15 menit, lalu angkat selama 10 menit untuk menghangatkan yang terkena sengatan dengan tisu, sebelum kembali mengaplikasikan es batu ataupun ice pack.
  • Jika  memiliki masalah sirkulasi darah, gunakan es sebentar saja untuk mengurangi risiko radang dingin
  • Jika  tidak adaice pack gunakan sekantung sayuran beku yang dibungkus di selembar handuk
  • Jangan meletakkan es langsung pada kulit  karena dapat menyebabkan radang dingin. Bungkuslah es dengan handuk atau kain.
Kurangi rasa sakit dengan obat penghilang rasa sakit yang dapat dibeli tanpa resep dokter. Jika Kamu sedang hamil/mengandung, dalam masa menyusui, atau merawat anak-anak, konsultasikan pada dokter Anda .Ada obat yang bisa Anda gunakan seperti :
  • Parasetamol
  • Ibuprofen
Atasi rasa gatal dan pembengkakan dengan krim . Banyaknya bengkak lokal yang terjadi bervariasi untuk setiap orang. Sebagai tambahan, mulanya mungkin sengatan melukai, dan kemudian bisa menjadikan gatal gatal.. Anda bisa gunakan :
  • Krim/salep hidrokortison (1%)
  • Losion kalamin/calamine
  • Antihistamin oral dengan diphenhydramine (contohnya: Benadryl) atau chlorpheniramine (contohnya: Chlor-Trimeton)


Demikianlah Artikel Cara Mencabut Dan Merawat Terkena Sengatan Lebah

Sekianlah artikel Cara Mencabut Dan Merawat Terkena Sengatan Lebah kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Cara Mencabut Dan Merawat Terkena Sengatan Lebah dengan alamat link https://robby-novianto.blogspot.com/2017/04/cara-mencabut-dan-merawat-terkena.html

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »